PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIMPUNAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII

Yanti, Ni Wayan Mei Eka (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIMPUNAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051024-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB I)
1629051024-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
1629051024-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
1629051024-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
1629051024-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
1629051024-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran himpunan dengan model Problem Based Learning berorientasi pendidikan karakter yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa Buku Guru dan Buku Siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Saraswati 1 Denpasar. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan Plomp yang meliputi fase preliminary, fase prototipe, dan fase assessment. Data validitas perangkat pembelajaran menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran yang didasarkan pada pendapat pakar, hasil validitas buku siswa dan buku guru diperoleh dengan rata-rata 3,42 dan 3,30 memenuhi kriteria valid. Data kepraktisan perangkat pembelajaran didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respons siswa dan angket respons guru, hasil kepraktisan berdasarkan uji coba lapangan II keterlaksanaan perangkat pembelajaran diperoleh dengan rata-rata 3,23, rata-rata respons siswa adalah 3,07, dan rata-rata respons guru adalah 3,27 dengan kriteria praktis. Data efektivitas perangkat pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, berdasarkan hasil uji coba lapangan II rata-rata skor tes yaitu 81,0 maka efektivitas produk dikatakan dalam kriteria “Tuntas”. Berdasarkan hal tersebut hasil validasi menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa yang dikembangkan memperoleh kategori valid. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, respons siswa dan respons guru menunjukkan kategori praktis. Berdasarkan hasil tes perangkat pembelajaran termasuk dalam kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: learning device mathematics, sets, problem based learning, character education, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Wayan Mei Ekayanti
Date Deposited: 27 Feb 2020 01:31
Last Modified: 27 Feb 2020 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item