Pratami, Lanjar Riski Diya (2023) PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI PADA SISWA DI KELAS X IBB SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512011059-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512011059-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512011059-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran teks negosiasi, (2) pelaksanaan pembelajaran teks negosiasi, (3) evaluasi pembelajaran teks negosiasi, (4) respons siswa, dan (5) kendala yang dialami guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penilaian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IBB 2 SMA Negeri 1 Sukasada. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, respons, dan kendala guru dalam pembelajaran Teks Negosiasi.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru berbentuk RPP sudah sesuai dengan pedoman yang tertera dalam salinan lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, meliputi identitas RPP, kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), indikator, tujuan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media, alat, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian; (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang tertera dalam RPP, meliputi pendahuluan, inti, dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi tiga ranah, yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan menggunakan metode penilaian observasi, penugasan, tes lisan, tes tertulis, penilaian presentasi, dan penilaian demonstrasi; (4) respons siswa dalam pembelajaran Teks Negosiasi sangat positif; (5) kendala yang dialami guru yakni masih sedikit bingung dalam penyusunan administrasi, tidak tepatnya siswa dalam pengumpulan tugas,dan kurangnya buku pelajaran untuk menunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, teks negosiasi, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Lanjar Riski Diya Pratami |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 12:59 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 12:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14731 |
Actions (login required)
View Item |