Wiradinata, Komang Indra (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berdasarkan Teori Kognitif Mayer Untuk Siswa Tuna Rungu Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011035-COVER.pdf Download (860kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011035-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mencapai tujuan sebagai berikut: 1.) Merancang program multimedia pembelajaran matematika berbasis teori kognitif pada materi statistika siswa SMP tuna rungu kelas VIII; 2.) Memberikan implementasi rancangan multimedia pembelajaran matematika berbasis teori kognitif pada materi statistika siswa SMP tuna rungu kelas VIII; dan 3.) Menentukan kemungkinan atau tidaknya pembelajaran matematika dengan program multimedia berbasis teori kognitif. Metodologi Research and Development (R&D) digunakan untuk investigasi ini. Model 4-D digunakan untuk Model Pengembangan Multimedia ini. Hasil temuan penelitian ini telah disusun menjadi prototipe bahan ajar matematika dan statistika yang memanfaatkan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Sebelas siswa SLB Negeri 1 Tabanan mengikuti uji coba prototipe tersebut. Setelah itu, dilakukan survei untuk mengetahui tanggapan survei dari tiga pengajar dan sebelas siswa yang bersekolah di SLB Negeri 1 Tabanan, yang menjadi tujuan eksperimen. Temuan penyelidikan terhadap tanggapan yang diberikan oleh instruktur dan siswa terhadap kuesioner menunjukkan bahwa guru mendapat skor rata-rata 88,66, sedangkan anak-anak mendapat skor 3,78. Menurut temuan analisis kuesioner, dapat disimpulkan bahwa memperoleh pengetahuan melalui penggunaan multimedia memiliki tingkat kegunaan yang tinggi. Oleh karena itu pembelajaran dengan beberapa format media dimungkinkan, dan siswa kelas VIII di SLB N 1 Tabanan memiliki akses ke materi multimedia pembelajaran statistika yang dapat mereka manfaatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, siswa tuna rungu, materi statistika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Indra Wiradinata |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:42 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14769 |
Actions (login required)
View Item |