Sinaga, Bonar Pande (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2022/2023 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021020-COVER.pdf Download (419kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021020-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021020-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun, validitas dan efektivitas bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV, menurut para ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode observasi, wawancara, kusioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian (1) proses pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,72%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,66%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,33%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,44%). Efektivitas produk pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik di ukur dengan melakukan pretest dan posttest terhadap 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Selat. Rata-rata nilai pretest adalah 47,8 dan rata-rata nilai posttest adalah 89,3. Dilihat dari konversi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Selat, hasil nilai rata-rata pretest siswa yaitu 89,3 berada pada kualifikasi sangat baik. Secara umum hasil penelitian bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pelajaran ilmu pengetahuan alam valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV di SD Negeri 1 Selat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teaching materials, scientific approach, natural science |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Bonar Pande Sinaga |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 00:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14775 |
Actions (login required)
View Item |