PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KESELAMATAN KERJA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE,DAN KESELAMATAN KERJA DI KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Dana, Putu Budi (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KESELAMATAN KERJA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE,DAN KESELAMATAN KERJA DI KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051005-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051005-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru serta peserta didik Terhadap Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Articulate storyline 3 Pada Kelas X Perhotelan 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseacrh and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini dilakukan di jurusan Perhotelan untuk kelas X Perhotelan 1 pada 27 peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran Sanitasi, Hygiene, Dan Keselamatan Kerja. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan dan uji efektivitas. Hasil dari perhitungan uji ahli isi dan media pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata perhitungan sebesar 1,00 bila dikonversikan ke tabel kriteria rata�rata uji ahli pada tabel membuktikan tingkat validitas “Sangat Tinggi”. Pada respon uji perorangan memperoleh persentase sebesar 83%, pada respon uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 81%,dan pada respon uji lapangan memperoleh persentase sebesar 82%. Dan pada uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,80 yaitu masuk kedalam interprestasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif ini menunjukkan kualitas produk yaitu valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Mata Pelajaram Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja , MDLC
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Budi Dana
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:45
Last Modified: 24 Feb 2023 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item