Waisakanitri, I Dewa Ayu Tria (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA (EKOSISTEM) KELAS V SD NEGERI 2 AAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031026-COVER.pdf Download (782kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031026-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031026-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bangun media komik digital berbasis model problem based learning pada muatan IPA (ekosistem) kelas V SD Negeri 2 Aan, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media komik digital berbasis model problem based learning pada muatan IPA (ekosistem) kelas V SD Negeri 2 Aan, dan (3) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis model problem based learning pada muatan IPA (ekosistem) kelas V SD Negeri 2 Aan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun media komik digital dengan tahapan yakni (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), serta (e) evaluasi (evaluation) dengan hasil penilaian uji ahli rancang bangun sebesar 90,9% (sangat baik), (2) Media komik digital dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi/materi pelajaran sebesar 93,3% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 90,9%, uji ahli media pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95,83% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,1% (sangat baik), (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa nilai thitung = 3,69, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebesar 2,021. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media komik digital berbasis model problem based learning pada muatan IPA (ekosistem) kelas V di SD Negeri 2 Aan Kabupaten Klungkung, tetapi peningkatan skor rerata antara hasil pre-test dan post-test belum melampaui atau masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, problem based learning, komik digital. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Tria Waisakanitri |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:42 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14853 |
Actions (login required)
View Item |