Lestari, Ni Kadek Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NO. 4 MENGWITANI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031013-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031013-ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (518kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031013-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya media pembelajaran yang interaktif yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berbasis discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media E-LKPD yang layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V SD. Menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek yang terlibat yaitu 1 ahli materi pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Uji efektivitas menggunakan 29 orang siswa. Metode pengumpulan data digunakan wawancara, kuesioner, tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Media E-LKPD memperoleh hasil review ahli isi materi pelajaran (91,6%) dengan kategori sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran 88,63% dengan kategori baik, hasil review ahli media pembelajaran (92,5%) dengan kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan (88,3%) dan hasil uji coba kelompok kecil (89,4%) dengan kategori baik. Hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 11,427 untuk db = 56 dan taraf signifikan 5% = 2,003. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-LKPD berbasis discovery learning. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media E-LKPD berbasis discovery learning efektif digunakan pada materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia Kelas V SD No 4 Mengwitani.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, E-LKPD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Lestari |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:48 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14855 |
Actions (login required)
View Item |