Saputra, I Made Arista Sastra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031186-COVER.pdf Download (268kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031186-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031186-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031186-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031186-LAMPIRAN.pdf Download (894kB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kela V di Gugus IX kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupaka penelitian, eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus IX kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini adalah siswa dari SD Negeri 1 Alasangker sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang sedangkan untuk kelas kontrol dari SD Negeri 3 Alasangker dengan jumlah 22 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal Objektif. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh t-hitung sebesar 11.067 lebih besar dari t-tabel yaitu 2,017 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dan dk = 43 . Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 79,4 > 65,6. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di gugus IX kecamatan Buleleng tahun ajaran 2022/2023. Dari penelitian ini diharapkan sekolah-sekolah mampu menerapkan lebih banyak lagi metode-metode pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Mind Mapping, IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Arista Sastra Saputra |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:41 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14886 |
Actions (login required)
View Item |