PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023

Saputra, I Made Arista Sastra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031186-COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031186-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031186-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031186-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031186-LAMPIRAN.pdf

Download (894kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kela V di Gugus IX kecamatan Buleleng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupaka penelitian, eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus IX kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini adalah siswa dari SD Negeri 1 Alasangker sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang sedangkan untuk kelas kontrol dari SD Negeri 3 Alasangker dengan jumlah 22 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal Objektif. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh t-hitung sebesar 11.067 lebih besar dari t-tabel yaitu 2,017 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dan dk = 43 . Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 79,4 > 65,6. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di gugus IX kecamatan Buleleng tahun ajaran 2022/2023. Dari penelitian ini diharapkan sekolah-sekolah mampu menerapkan lebih banyak lagi metode-metode pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Arista Sastra Saputra
Date Deposited: 15 May 2023 08:41
Last Modified: 15 May 2023 08:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item