Yuniari, Ni Putu Anik (2023) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031241-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031241-ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031241-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031241-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031241-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031241-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031241-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031241-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031241-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan non-equivalent pretes posttest control grup design, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan yang berjumlah 7 kelas dengan jumlah siswa yaitu 167 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi, hasil pengundian SD Negeri 4 Dauh Peken dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 4 Gubug dengan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes dengan instrumen kuesioner, data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis uji – t didapatkan harga ttabel, dengan dk = 27 + 24 – 2 = 49 dan taraf signifikansi 5 % sehingga diperoleh harga ttabel, = 2.009 dan hasil analisis uji t diperoleh thitung = 30.38. sehingga thitung ttabel (30.38 2.009 ) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,769 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,225. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA kelas V SDN Gugus III Kecamatan Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, Lagu Daerah, Motivasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Anik Yuniari |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:48 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14895 |
Actions (login required)
View Item |