PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SD

Marpelin, Ni Komang Sinta (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031010-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (692kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031010-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di SD yang belum optimal, serta penurunan hasil belajar peserta didik di SD pada muatan pembelajaran IPAS. Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 orang guru, 6 orang peserta didik, dan 1 rombel peserta didik kelas V. Objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis model PjBL. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa jenis angket tertutup dengan menggunakan rating scale dan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa prototype multimedia interaktif berbasis model PjBL terdiri dari 3 bagian utama yaitu tampilan pembuka, tampilan awal, dan tampilan inti, skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,71 dan ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,8 dengan klasifikasi sangat baik, skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,89 dan oleh peserta didik sebesar 4,78 dengan klasifikasi sangat baik, dan multimedia interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi sistem pencernaan pada manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis model PjBL layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi sistem pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, model PjBL, articulate storyline 3, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sinta Marpelin
Date Deposited: 22 May 2023 00:41
Last Modified: 22 May 2023 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item