Marpelin, Ni Komang Sinta (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031010-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (692kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031010-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di SD yang belum optimal, serta penurunan hasil belajar peserta didik di SD pada muatan pembelajaran IPAS. Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 orang guru, 6 orang peserta didik, dan 1 rombel peserta didik kelas V. Objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis model PjBL. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa jenis angket tertutup dengan menggunakan rating scale dan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa prototype multimedia interaktif berbasis model PjBL terdiri dari 3 bagian utama yaitu tampilan pembuka, tampilan awal, dan tampilan inti, skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,71 dan ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,8 dengan klasifikasi sangat baik, skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,89 dan oleh peserta didik sebesar 4,78 dengan klasifikasi sangat baik, dan multimedia interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi sistem pencernaan pada manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis model PjBL layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, model PjBL, articulate storyline 3, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sinta Marpelin |
Date Deposited: | 22 May 2023 00:41 |
Last Modified: | 22 May 2023 00:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14909 |
Actions (login required)
View Item |