PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL DENGAN ORIENTASI MASALAH LINGKUNGAN BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD

Pratiwi, Kadek Isya Andriyani (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL DENGAN ORIENTASI MASALAH LINGKUNGAN BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031015-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031015-ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (593kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031015-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan prototype Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, (2) menguji kelayakan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, (3) menguji kepraktisan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, dan (4) menguji keefektifan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli, 3 orang guru dan 6 orang siswa serta 1 rombel siswa kelas V SD Negeri 1 Baktiseraga. Objek penelitian ini adalah Multimedia Interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi masalah lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa jenis angket tertutup dengan menggunakan rating scale dan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata masing-masing skor ahli media dan skor ahli muatan pembelajaran sebesar 0,93 dengan kualifikasi yang sangat tinggi, (2) tingkat pencapaian kepraktisan media oleh guru adalah sebesar 98,52% dan kepraktisan media oleh siswa sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik, (3) serta Multimedia Interaktif berbasis model PjBL dengan orientasi masalah lingkungan berbantuan Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia interaktif, PjBL, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Isya Andriyani Pratiwi
Date Deposited: 22 May 2023 01:00
Last Modified: 22 May 2023 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item