Satyaram, Gusti Ayu sai (2020) Peningkatan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbatuan Video Pembelajaran. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011099-COVER.pdf Download (481kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011099-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011099-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (596kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011099-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1513011099-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011099-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011099-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011099-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan video pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika merupakan salah satu alternatif pemilihan model yang dapat membatu dalam peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 2 Sawan melalui penerapan model pembelajaran probing prompting berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 32 siswa. Data motivasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan angket motivasi dan lembar observasi. Sedangkan data pemahaman konsep matematikas siswa dikumpulkan menggunakan tes uaraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif yang menunjukan rata – rata skor motivasi belajar siswa berada pada katagori tinggi dengan rata-rata sebesar 92.53 dengan persentase sebesar 81.25% yang mengalami peningkatan dari observasi awal. Peningkatan ini terjadi karena adanya interaksi yang cukup kuat dalam proses pembelajaran yang berlangsung melalui penampilan video pembelajaran sehingga siswa belajar tidak hanya dari guru. Peningkatan yang optimal juga terdapat pada pemahaman konsep matematika. Dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari refleksi awal hingga siklus III yaitu 25%, 50%, 65,62% dan 75%. Peningkatan ini terjadi karena penerapan model pembelajaran probing prompting pembelajaran memberikan suasana belajar yang baru bagi siswa selain itu penggunaan video pembelajaran juga membuat siswa bisa mengeksplor materi atau konsep dari pembelajaran secara bebas, sehingga pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Probing Prompting, Video Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Sai Satyaram |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:40 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1517 |
Actions (login required)
View Item |