PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SD GUGUS VIII KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Rahayu, Sayu Rahma Indriani (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SD GUGUS VIII KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031093-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031093-ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031093-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan pendekatan TPACK terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V di Gugus VIII Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non-Equivalent Pre-Test Post-Test Control Group Design dan rancangan analisis data Independent Sample T-Test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 201 orang siswa dari 8 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas V SD No. 1 Sibanggede sebanyak 30 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas V SD No. 2 Sibangkaja sebanyak 32 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk objektif, benar salah, dan menjodohkan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji -T Polled Varians. Hasil analisis hipotesis diperoleh nilai Thitung = 6.55 > Ttabel = 2.00 dengan dk penyebut yaitu 60 dan dk pembilang yaitu 1 pada α = 0.05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan Pendekatan TPACK dan kemampuan numerasi siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan Pendekatan TPACK. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan Pendekatan TPACK berpengaruh terhadap Kemampuan Numerasi Siswa kelas V di SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pendekatan TPACK, Kemampuan Numerasi Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Sayu Rahma Indriani Rahayu
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:47
Last Modified: 08 Jun 2023 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item