Putri, Putu Devi Janisa (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PRAKTIK PADA MATA KULIAH PRAMUKA SD MATERI SIMPUL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031298-COVER.pdf Download (254kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031298-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031298-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031298-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031298-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031298-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031298-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031298-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031298-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital praktik pada mata kuliah pramuka SD materi simpul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model ADDIE dengan menggunakan tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Pada tahap implementation tidak dilakukan dikarenakan pada saat penelitian dilakukan mata kuliah pramuka tidak tersedia. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli dan praktisi sedangkan objek dalam penelitian ini adalah modul ajar digital. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada para ahli dan praktisi. Dalam kegiatan uji validitas dan kepraktisan modul ajar digital praktik pramuka SD menghasilkan data berupa skor yang dihitung rata-ratanya kemudian dikonversikan ke dalam tabel pedoman skala lima. (1) Nilai rata-rata validitas modul ajar digital praktik pramuka SD yang diperoleh adalah dari ahli materi modul ajar digital 93.83% dengan kualifikasi sangat baik, dari ahli desain modul ajar digital 96.66% dengan kualifikasi sangat baik dan dari ahli media modul ajar digital 95.33% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Adapun nilai rata-rata kepraktisan modul ajar digital praktik pramuka SD secara keseluruhan dari praktisi diperoleh skor sebesar 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, dari uji coba perorangan diperoleh skor sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik dan dari uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 98,61% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul ajar digital praktik pada matakuliah pramuka SD materi simpul dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai pedoman belajar mengajar pada mata kuliah pramuka SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul ajar digital, praktik, simpul |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Devi Janisa Putri |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:52 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15186 |
Actions (login required)
View Item |