Pratama, I Kadek Wahyu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LAGU DAERAH BALI TERHADAP LITERASI BUDAYA PADA MUATAN PPKN SISWA KELAS V DI SD GUGUS V KECAMATAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031252-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031252-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031252-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031252-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031252-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031252-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031252-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031252-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031252-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh signifikan model pembelajar an Snowball Throwing berbantuan lagu daerah Bali terhadap literasi budaya muatan PPKn siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan berjumlah 162 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling dengan intact group, diperoleh yaitu siswa kelas V SDN 3 Delod Peken sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang dan SDN 5 Delod Peken sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 29 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diproleh rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 13,57 dengan kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 13,93 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 20,038 yang berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 16,103 yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t di peroleh t-hitung = 3,448 dan t-tabel = pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 53 adalah 2,005. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,448 > 2,005) sehinnga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Snowball Throwing berbantuan lagu daerah Bali dengan kelompok yang tidak dibelajarkan menggunakan model Snowball Throwing berbantuan lagu daerah Bali pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi budaya pada muatan PPKn, model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan lagu daerah Bali. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Wahyu Pratama |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15200 |
Actions (login required)
View Item |