Dewi, Putu Krisna (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031232-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031232-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031232-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 6 rombel dari 4 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 172 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling yang dirandom adalah kelas sebagai intact group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Kerobokan yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 4 Sangsit yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPA adalah metode tes pilihan ganda (obyektif) yang berjumlah 30 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Kriteria pengujian menunjukkan besar signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK), Eksperimen, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Krisna Dewi |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:47 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15216 |
Actions (login required)
View Item |