Sariani, Ni Kadek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031194-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031194-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031194-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031194-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031194-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031194-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis outdoor learning terhadap pengetahuan IPS peserta didik kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Kubu. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Kubu yang berjumlah 257 peserta didik. Banyaknya kelas V di SD negeri gugus VI adalah 9 kelas dan sampel dipilih menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas VA SD N 1 Tulamben sebanyak 26 peserta didik. Kelas kontrol adalah kelas V SD N 4 Tulamben yakni 29 peserta didik. Instrumen berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dipergunakan pada eksperimen ini. Analisis data yang digunakan ada dua jenis yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa uji-t sampel independent. Rerata hasil post-test pada kelas eksperimen yaitu 83,38, sementara perolehan kelas kontrol hanya 61. Hasil pengujian hipotesis dari uji-t sampel independent kolom sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf signifikansi 5%, maka 0,000 < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengetahuan IPS yang dibelajarkan memakai model Problem Based Instruction berbasis outdoor learning dengan siswa yang diajar memakai model konvensional. Maka diperoleh simpulan model PBI berbasis outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan IPS peserta didik kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Kubu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sariani |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:41 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15225 |
Actions (login required)
View Item |