PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 1 SEMARAPURA KANGIN

Utami, Ni Komang Ayu Astiti (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 1 SEMARAPURA KANGIN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031184-COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031184-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031184-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031184-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan LKPD interaktif berbasis mind mapping pada muatan IPA materi sistem pencernaan yang telah teruji kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara, kuisioner, dan tes. Data penelitian dianalisis secara deskriptif, kualitatif,, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Subjek uji dalam penelitian ini adalah 4 orang ahli dan 37 siswa sekolah dasar. Hasilnya LKPD interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji kelayakan dari uji rancang bangun 92%, uji ahli isi pembelajaran 98,2%, uji ahli desain pembelajaran 95%, uji ahli media pembelajaran 95%, uji coba perorangan 96,9%, uji kelompok kecil 96,4%, dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung = 9,819 > ttabel = 1,688 pada taraf signifikansi 5% dengan n = 36. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD interaktif berbasis mind mapping layak dan efektif diterapkan pada muatan IPA materi sistem pencernaan siswa kelas V SD Negeri 1 Semarapura Kangin tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : LKPD interaktif, mind mapping, model pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Astiti Utami
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:42
Last Modified: 20 Jun 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item