Dewi, Ni Komang Ayu Miana Aprilia (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NO. 1 DALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031009-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031009-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul ajar kurikulum merdeka belajar berbasis kearifan lokal Bali pada mata pelajaran IPAS kelas IV yang teruji validitas serta efektivitasnya. Subjek uji penelitian pengembangan ini adalah ahli rancang bangun, ahli materi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas IV SD No.1 Dalung Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Penelitian pengembangan E-Modul ajar ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, angket, dan tes tertulis. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasilnya E-modul ajar yang dikembangkan valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji validitas dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli materi pembelajaran 93%, ahli desain instruksional 90,6%, ahli media pembelajaran 91,6%, uji coba perorangan 97,5%, uji coba kelompok kecil 96,38%, dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung = 7,928 untuk dk = 30 dari taraf signifikan 5% ttabel = 1,697, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berupa E-Modul ajar berbasis kearifan lokal Bali valid dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD No.1 Dalung Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: E-Modul ajar, kurikulum merdeka belajar, kearifan lokal Bali. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Miana Aprilia Dewi |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 01:01 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15271 |
Actions (login required)
View Item |