PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PRAKTIKUM PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD

Dewi, Dewa Ayu Sintya (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PRAKTIKUM PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031064-COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031064-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031064-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat, simetri putar dan pencerminan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu (1) tahap Analyze (analisis), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap Implementation (implementasi), (5) Evaluation (evaluasi). Subjek uji produk penelitian pengembangan ini adalah para ahli dan praktisi , sedangkan objek uji produk dalam pengembangan ini adalah validitas dan kepraktisan modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat simetri putar dan pencerminan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode wawancara dan metode kuesioner dengan menggunakan rating scale berupa lembar penilaian berskala lima. Data hasil validasi dari ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil analisis skor validitas menunjukkan skor validasi ahli materi sebesar 95,3% , ahli media diperoleh skor validasi sebesar 92,6% dan ahli desain diperoleh skor validasi sebesar 92%. Sedangkan hasil analisis kepraktisan dari praktisi diperoleh skor sebesar 92,6% dari uji perorangan memperoleh skor 93,3% dan dari uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 95,5%. Berdasarkan analisis uji validitas dan kepraktisan tersebut, modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul ajar digital, matematika, simetri lipat, simetri putar, pencerminan.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Sintya Dewi
Date Deposited: 22 Jun 2023 00:10
Last Modified: 22 Jun 2023 00:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item