PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Suandita, I Made Yoga (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031006-COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031006-ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Power Point Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 203 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 3 Penarukan yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Penarukan yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPA adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 43,59 dan ttabel = 2,02. Kriteria pengujian menunjukan thitung (43,59) > ttabel (2,02) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Power Point Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Power Point Interaktif, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Yoga Suandita
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:51
Last Modified: 27 Jun 2023 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15289

Actions (login required)

View Item View Item