PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEJAITAN TOPIK MENGIDENTIFIKASI SUDUT UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ayuni, Ni Made Santi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEJAITAN TOPIK MENGIDENTIFIKASI SUDUT UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031011-COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031011-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini memiliki tujuan melakukan pengembangan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan, mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada topik Mengidentifikasi Sudut di SD Negeri 5 Batungsel. Kajian ini termasuk penelitian pengembangan dengan pemodelan ADDIE yang tersusun atas 5 tahapan yakni (1) analisis atau analyze; (2) perancangan atau design; (3) pengembangan atau development; (4) implementasi atau implementation; (5) evaluasi atau evaluation. Hasil kajian ini yakni: (1) rerata hasil validitas menurut ahli materi pembelajaran senilai 4,69 berkualifikasi sangat baik, (2) rerata hasil validitas menurut ahli media pembelajaran senilai 4,67 berkualifikasi sangat baik, (3) presentase kepraktisan senilai 95,6% berkualifikasi sangat baik, (4) hasil uji-t satu sampel menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian bisa ditarik simpulan bahwasanya media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan valid, praktis, serta efektif dipakai dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Matematika, Kearifan Lokal, Jejaitan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Santi Ayuni
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:10
Last Modified: 26 Jun 2023 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item