PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN KARANGASEM

Prasetyaningsih, Ni Putu Diah (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031079-COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031079-ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (841kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031079-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz terhadap kemampuan bernalar kritis siswa pada muatan IPA kelas V SD Gugus I Kecamatan Karangasem. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain eksperimen non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 125 siswa dari 7 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangasem sebanyak 31 siswa dan SD Negeri 5 Karangasem sebanyak 26 siswa. Data kemampuan bernalar kritis siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk soal uraian. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz terhadap kemampuan bernalar kritis siswa pada muatan IPA kelas V SD Gugus I Kecamatan Karangasem. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed)<0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz terhadap kemampuan bernalar kritis siswa pada muatan IPA kelas V SD Gugus I Kecamatan Karangasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, quizizz, kemampuan bernalar kritis IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Diah Prasetyaningsih
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:21
Last Modified: 26 Jun 2023 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item View Item