Kontribusi Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, dan Self-Awareness Siswa terhadap Kecemasan Matematika Siswa

Wirawan, I Wayan Ari (2020) Kontribusi Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, dan Self-Awareness Siswa terhadap Kecemasan Matematika Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723011015-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723011015-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723011015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wirawan, I Wayan Ari (2019), Kontribusi Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, dan Self-Awareness Siswa terhadap Kecemasan Matematika Siswa. Tesis. S-2 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd. Kata kunci: Kontribusi, pedagogical, content, kombinasi dan matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pedagogical knowledge, content knowledge, pedagogical content knowledge, dan self-awareness siswa terhadap kecemasan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kombinasi (mixed methods), dengan desain explanatory sequential. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di Kota Denpasar tahun ajaran 2018/2019. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Purposive Sampling untuk 10 guru dan 196 siswa sebagai sampel penelitian. Data content knowledge diperoleh melalui tes content knowledge sedangkan data pedagogical knowledge, pedagogical content knowledge, self-awareness dan kecemasan matematika diperoleh melalui angket, lembar observasi dan pedoman wawancara. Penelitian kuantitif menggunakan analisis jalur dan penelitian kualitatif menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis jalur data kualitatif menunjukkan bahwa terdapat kontribusi langsung dari pedagogical knowledge,content knowledge, pedagogical content knowledge, self-awareness terhadap kecemasan matematika secara simultan sebesar 97,4%. Hasil tersebut didukung oleh analisis diskriftif, dimana pedoman wawancara guru dan siswa menunjukkan, guru sudah menyiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan dan memberikan evaluasi secara maksimal sedangkan peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil tersebut juga didukung dari lembar observasi guru dan siswa menunjukkan, guru sudah melaksakan pembelajaran sesuai rancangan yang dibuat dan peserta didik termotivasi saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kontribusi, pedagogical, content, kombinasi dan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: I Wayan Ari Wirawan
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:16
Last Modified: 27 Feb 2020 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item