PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL DI GUGUS V KECAMATAN BANJAR

Camarini, Ni Putu Intan (2023) PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL DI GUGUS V KECAMATAN BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031102-COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031102-ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (620kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031102-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi digital di Gugus V Kecamatan Banjar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui problem atau kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan aplikasi digital dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam menggunakan aplikasi digital. Jenis penelitian yang telah dilaksanakan adalah penelitian deskriptif, dengan populasi sebanyak 56 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan memberikan angket secara langsung kepada responden. Data kuantitatif yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif kemudian dikonversikan ke Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa skor rata-rata akhir problematika guru sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi digital yaitu sebesar 50 yang terdapat pada kategori sedang. Problematika yang dihadapi guru-guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi digital yang mana sebagian besar guru masih belum mampu menguasai aplikasi digital dengan baik, kondisi ekonomi sekolah dalam menerapkan penggunaan aplikasi digital belum memadai. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu: 1) kegunaan aplikasi digital membuat pekerjaan lebih mudah, cepat, produktif, efektif, dan bermanfaat dalam peningkatan kinerja guru; 2) kemudahan penggunaan aplikasi digital meliputi mudah dipelajari, mudah digunakan, mudah dikuasai serta memudahkan interaksi; dan 3) penggunaan aplikasi digital tidak terikat waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika guru, aplikasi digital, faktor yang mempengaruhi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Intan Camarini
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:54
Last Modified: 26 Jun 2023 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item