PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dwiyanti, I Gusti Agung Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031224-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031224-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031224-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031224-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas III SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 187 seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus IV Kuta Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas III B SD No. 2 Kerobokan Kelod sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan siswa kelas III A SD N0. 3 Kerobokan Kelod sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial Uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,56 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 15,67 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 23,07 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,33 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji Anakova diperoleh t-hitung = 29,10 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 51 adalah 4,030. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (29,10 > 4,030) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas III SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Scramble, Crossword Puzzle, Kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Putri Dwiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:56
Last Modified: 26 Jun 2023 01:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item