Artati, Ni Luh Kade Rosika (2023) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNIT PENYUSUNAN DATA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031066-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031066-ABSTRAK.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (414kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031066-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan melihat pengaruh yang signifikan model Group Investigation berbantuan Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Matematika Unit Penyusunan Data kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini berjenis eksperimen semu (quasi – experimental) dengan rancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah tujuh (7) rombel kelas IV sekolah dasar di Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelompok eksperimen adalah kelas IV SD Negeri 4 Dajan Peken dan kelompok kontrol adalah Kelas IV B SD Negeri 2 Dajan Peken. Pengumpulan data hasil belajar Matematika menggunakan metode tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah melalui uji coba instrumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Rata – rata skor posttest kelompok eksperimen senilai 14,39 dan rata – rata skor posttest kelompok kontrol senilai 10,38. Sehingga, rata – rata skor posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t berbantuan IBM Statistics SPSS 25.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis diperoleh sig. (2-tailed) senilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata – rata kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sehingga h0 ditolak dan h1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Group Investigation berbantuan Gallery Walk terhadap hasil belajar Matematika unit penyusunan data kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Gallery Walk, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Kade Rosika Artati |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:34 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15358 |
Actions (login required)
View Item |