Pradila, Ni Kadek Siska (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII UBUD TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031136-COVER.pdf Download (355kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031136-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031136-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031136-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (675kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031136-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud sebanyak 118 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Sayan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan siswa kelas V SD Negeri 5 Sayan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 21. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,31 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil analisis skor post-test pada kelompok kontrol adalah 65,24 dan berada pada kategori sedang. Hasil dari analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar kemudian ttabel dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,014. Sehingga menunjukkan hasil yakni thitung = 9,274 > ttabel = 2,014, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran realistic mathematics education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, Media Konkret, Kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Siska Pradila |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:10 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15368 |
Actions (login required)
View Item |