Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Lingkungan Terhadap..Hasil Belajar.Matematika Pada Siswa..Kelas V..SD Di Gugus VIII Kecamatan Gerokgak Tahun..Pelajaran 2022/2023

Aryada, I Made (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Lingkungan Terhadap..Hasil Belajar.Matematika Pada Siswa..Kelas V..SD Di Gugus VIII Kecamatan Gerokgak Tahun..Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031319-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031319-ASBTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031319-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031319-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031319-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031319-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031319-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031319-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031319-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama dalam jenjang pendidikan dasar yang tidak disukai oleh kebanyakan siswa. Matematika dianggap sulit dan banyak rumus-rumus yang harus dihafalkan, juga banyak hitungan yang cukup rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumblah 263 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 2 Sumberklampok yang berjumlah 29 sebagai kelas eksperimen dan SD N 1 Sumberklampok yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar Matematika diambil dengan menggunakan tes berupa pilihan ganda, Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Adapun nilai rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen yaitu 74,06 sedangkan rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 55,2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika, yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingankan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran STAD dapat diterapkan di SD sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Berbasis Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Aryada
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:27
Last Modified: 27 Jun 2023 02:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item