Baskara, Ida Bagus Gede Indra (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Permainan Edukasi Digital Pada Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Susut. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031114-COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031114-ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031114-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031114-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031114-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Media belajar dengan memanfaatkan teknologi digital belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal sehingga siswa sering merasa bosan dan kurang antusias menggunakan media belajar yang hanya mengandalkan buku khususnya pada pembelajaran IPA. Dari permasalahan tersebut perlu untuk dikembangkan multimedia interaktif yang dapat mewadahi siswa lebih aktif dan antusias untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media belajar berupa multimedia interaktif berbasis permainan edukasi digital pada muatan IPA materi sumber energi kelas IV sekolah dasar. Pengembangan multimedia interaktif berbasis permainan edukasi digital ini mengacu pada prosedur yang terdapat pada model ADDIE, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini yaitu multimedia interaktif yang dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 6 guru dan 12 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah validitas multimedia interaktif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan persentase dari uji ahli materi, ahli media, ahli desain, respons guru dan siswa secara berurutan sebesar 94,16%, 95,53%, 98,95%, 92,21%, dan 94,85% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan multimedia interaktif ini layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif. permainan edukasi. model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Gede Indra Baskara |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 00:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15380 |
Actions (login required)
View Item |