Widyantini, Gst. Ayu Putu Yanthi (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123071004-COVER.pdf Download (346kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071004-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071004-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan motivasi berprestasi siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan racangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 di SMA Jembatan Budaya Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian yang digunakan empat kelas, kelas 10 A, 10 B berjumlah 48 orang sebagai kelas eksperimen, dan 10 C, 10 F berjumlah 48 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif pada materi bioteknologi dan kuesioner motivasi berprestasi. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan Uji MANOVA, tindak lanjut uji MANOVA menggunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan taraf signifikansi 5%, uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi (uji normalitas, uji normalitas multivariat, uji homogenitas, uji homogenitas varians covarians dan uji korelasi antar variabel). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini mengungkapkan jika model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa secara simultan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran project based learning, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Gst. Ayu Putu Yanthi Widyantini |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 23:40 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 23:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15388 |
Actions (login required)
View Item |