DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS BY USING CANVA FOR FIFTH-GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 4 KALIUNTU

Riris, Komang Laksmi Mas Nararya (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS BY USING CANVA FOR FIFTH-GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 4 KALIUNTU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021004-COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021004-ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan di abad ke-21 menggiring minat untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris untuk memfasilitasi siswa dalam belajar. Para siswa dituntut untuk menguasai keterampilan bahasa Inggris dan keterampilan 4C diantaranya keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan bahasa Inggris dengan mengintegrasikan keterampilan 4C. Penelitian ini merupakan penelitian Design and Development (D&D) yang menggunakan teori model ADDE dari Richey dan Klein (2007) dengan menggunakan pendekatan mixed-method. Tahapan tersebut meliputi analysis, design, development, and evaluation. Teknik kualitatif meliputi observasi dan wawancara; sedangkan teknik kuantitatif meliputi dan expert judgement dan user judgement. Teknik kualitatif yang digunakan meliputi observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data terkait bahan ajar tambahan bahasa Inggris yang sudah ada, kebutuhan dan minat siswa. Sementara itu, teknik kuantitatif meliputi penilaian ahli dan pengguna yang digunakan untuk mengumpulkan data terkait penilaian produk. Terdapat empat topik dalam bahan tambahan tersebut, termasuk “Having A New Friend”, “Going to the Zoo”, “Looking around my Hometown”, and “I Sometimes Cook”. Menurut hasil expert judgement dan user judgement, diketahui bahwa produk ini dikategorikan sebagai bahan ajar yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan melalui skala yang paling sering muncul dalam formulir penilaian adalah 5. Respon pengguna, baik guru maupun siswa, menunjukkan bahwa mereka senang penggunaan bahan ajar tersebut dalam pembelajaran, dibuktikan melalui partisipasi aktif selama uji coba kelompok terbatas serta pendapat mereka selama wawancara setelah uji coba produk. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tambahan yang dikembangkan mampu memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD N 4 Kaliuntu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan 4C, Canva, bahasa Inggris, materi pelengkap, abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Komang Laksmi Mas Nararya Riris
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:41
Last Modified: 11 Jul 2023 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item