Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja

Adi, Kadek Winda Pramitha (2023) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011017-COVER.pdf

Download (349kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011017-ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011017-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 373 siswa dan terbagi menjadi 11 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Perolehan data hasil tes pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t (independent samples t-test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Pada hasil analisis ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja dengan t_hitung sebesar 3,101 dan t_tabel sebesar 1,668 (t_hitung≥t_tabel).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Kemampuan Berpikir Kritis Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Winda Pramitha Adi
Date Deposited: 01 Jul 2023 12:40
Last Modified: 01 Jul 2023 12:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15424

Actions (login required)

View Item View Item