Sanjaya, Komang Angga Adi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS BISMA KECAMATAN BANJARANGKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031320-COVER.pdf Download (854kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031320-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031320-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031320-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031320-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031320-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031320-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031320-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031320-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran synectics berbantuan mind map terhadap kompetensi Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dalam bentuk non-equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan yang berjumlah 171 siswa. Sempel di tentukan dengan teknik rondom sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD N 1 Banjarangkan sebagai klompok kontrol dengan jumlah siswa 29 orang dan siswa kelas V SD N 3 Banjarangkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunanakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial (uji-t). Rata-rata nilai post-tes kelas eksperimen 79,81 yang berada dalam kategori baik, sedangkan rata-rata post-tes kelompok kontrol 63,3 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,31 dan ttabel pada taraf signifikasi 5% denagn dk = 60 adalah 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yakni 7,31 > 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian model pembelajaran ini berpengaruh terhadap kompetensi Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Synectics, Mind Map, Kompetensi Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Angga Adi Sanjaya |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:12 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15429 |
Actions (login required)
View Item |