PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX DI SMAN 2 SINGARAJA

Susanto, I Gede Hermawan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX DI SMAN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (cover)
1513021077-COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text (Abstrak)
1513021077-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (Bab 1)
1513021077-PENDAHULUAN.pdf

Download (682kB)
[img] Text (Bab 2)
1513021077-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (Bab3)
1513021077-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
1513021077-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
1513021077-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
1513021077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[img] Text (Lampiran)
1513021077-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

KATA PERSEMBAHAN Puji syukur saya panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, yang telah memberikan rahmat-Nya, sehingga skripsi ini dapat selesai pada waktunya. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada kedua orang tua saya I Nyoman Arianto dan Ni Wayan Artini yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan, semangat, serta doa yang selalu menyertai setiap langkah saya. terimakasih atas dukungan dan suntikan semangat yang sudah diberikan. Bapak Ibu Dosen serta Staf Pegawai Program Studi Pendidikan Fisika. Terimakasih atas bimbingan, bantuan, dan segala ilmu yang telah diberikan. Astungkara apa yang sudah saya pelajari selama 4 tahun ini berguna untuk saya, orang-orang terdekat saya, dan lingkungan saya. Teruntuk keluarga hutan (Family in Amazon) yang sangat kusayangi, terimakasih banyak untuk semua kenangan yang kalian berikan, dukungan tanpa henti, doa yang selalu menyertai, dan terimakasih sudah selalu ada di saat suka maupun duka selama berada di perantauan. Keluarga kecil baru yang dipertemukan di perantauan. Terimakasih Tuhan sudah mempertemukanku dengan mereka. FamsClass_C yang sangat penuh dengan kenangan. Terimakasih untuk canda tawa yang telah kalian berikan selama 4 tahun ini. Suatu saat, suasana kelas ini pasti akan sangat kurindukan. Kuharap kita bisa tetap seperti ini, walaupun di tempat yang berbeda, jarak bukan penghalang kann… Mafia angkatan 51. Tak lupa ucapan terimakasihku pada teman-teman seperjuanganku, untuk pengalaman, informasi, dan banyak hal lain yang tidak bisa ku sebutkan satu-persatu. Akhir kata, terimakasih sebesar-besarnya kepada orang-orang terkasih dan seluruh pihak yang sudah selalu mendukung, memberi semangat, masukan, kritik, serta kasih dan sayang kepada saya sehingga saya dapat berada pada titik ini. Tanpa kalian, saya bukan apa-apa. Dengan kalian, saya bisa menjadi sesuatu.. PRAKATA Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 2 Singaraja” Skripsi ini disusun dalam rangka mmenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan studi untuk memperoleh gelar kesarjanaan dalam bidang Pendidikan Fisika di Universitas Pendidikan Ganesha. Proses penyusunan skripsi ini tidak luput dari berbagai rintangan, hambatan, tantangan, dan permasalahan yang dihadapi. Tetapi berkat rahmat-Nya, arahan, dan saran dari berbagai pihak, skripsi ini dapat diselesaikan. Selama penulisan skripsi ini, banyak pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan, baik secara moral maupun spiritual kepada penulis. Oleh karena itu, sebagai rasa syukur dan hormat penulis, melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak berikut ini. 1. Prof. Dr. I Wayan Suastra,M.Pd. selaku Pembimbing I yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran serta dengan penuh kesabaran selalu memberikan bimbingan, motivasi, arahan, petunjuk, saran, dan kritik kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan tepat waktu. 2. Dr. Ni Ketut Rapi,M.Pd. selaku pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran serta penuh kesabaran dalam memberikan bimbingan, motivasi, arahan, petunjuk, saran, dan kritik kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan tepat waktu. 3. Bapak dan Ibu Dosen di lingkungan Program Studi Pendidikan Fisika yang telah banyak memberikan bantuan dan motivasi kepada penulis dalam penyusunan skripsi ini. 4. Drs. I Made Arya Kartawan, M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 2 Singaraja yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melaksanakan uji coba instrumen dan penelitian di sekolah yang dipimpinnya. 5. Bapak I Gede Mardana, S.Pd., M.Pd dan Bapak Drs. Putu Kajeng,. selaku guru pamong kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 7 di SMAN 2 Singaraja atas segala bantuan dan kerjasamanya selama penulis mengadakan penelitian. 6. Siswa-siswi kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 7 SMAN 2 Singaraja atas segala bantuan dan kerjasamanya selama penulis mengadakan penelitian. 7. Siswa-siswa kelas XII MIPA 1 dan XII IPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja atas segala bantuannya dalam mengadakan uji coba instrumen. 8. Rekan-rekan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, khususnya seluruh angkatan 51 dan rekan-rekan Kelas C Angkatan 51 (FamsClass_C) yang telah banyak memberikan dorongan, fasilitas, dan dukungan moril dalam penyelesaian skripsi ini. 9. Rekan-rekan seperjuangan Keluarga Hutan yang selalu ada di setiap saat untuk berbagi suka dan duka serta selalu memberikan dorongan, semangat, fasilitas, dan dukungan moril dalam menyelesaikan skripsi ini. 10. Keluarga tercinta, atas segala dorongan, motivasi, semangat, serta dukungan moril maupun material yang tiada henti demi keberhasilan studi penulis. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan karunia atas budi baik dari semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna karena keterbatasan kemampuan menulis yang penulis miliki. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca demi penyempurnaan skripsi ini. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan, terutama pendidikan fisika pada masa yang akan datang. Singaraja, Januari 2020 Penulis PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 2 SINGARAJA Oleh I Gede Hermawan Susanto, NIM 1513021077 Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha E-mail : gedehermawan1997@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Singaraja dengan jumlah 231 siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini dipilih dengan teknik random sampel dan terpilih XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan berpikir kritis siswa adalah soal essay dengan jumlah soal sebanyak 10 butir serta indeks reliabilitas sebesar 0,73. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, nilai rata- rata (M) posttest kelompok MPjBL sebesar 75,88 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 7,18, dan kelompok MK sebesar 71,21 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 8,76. Sehingga keterampilan berpikir kritis siswa yang lebih tinggi adalah pada kelompok MPjBL. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh nilai statistik F* = 19,636 dengan angka signifikansi 0,001 yang berarti perolehan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) sedangkan perhitungan uji lanjut atau LSD diperoleh sebesar 3,594. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan model project based learning dengan model konvensional. Kata kunci : project based learning, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, project based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I GEDE HERMAWAN SUSANTO
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:12
Last Modified: 02 Mar 2020 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item