Cahyani, Kadek Gita (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PUSAT KEUNGGULAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTROVERSIAL DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011046-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011046-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (906kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011046-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan keterampilan berpikir komputasi sangat penting untuk dikembangkan guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya siswa SMK Pusat Keunggulan yang diharapkan memiliki keterampilan yang lebih untuk terjun dalam dunia profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Pusat Keunggulan dalam mengerjakan masalah kontroversial ditinjau dari keterampilan berpikir komputasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan keterampilan berpikir komputasi tinggi dalam menyelesaikan masalah kontroversial berada pada kategori tinggi dengan memenuhi tiga indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, dan evaluasi; (2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan keterampilan berpikir komputasi sedang dalam menyelesaikan masalah kontroversial berada pada kategori sedang dengan memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu interpretasi dan evaluasi; (3) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan keterampilan berpikir komputasi rendah dalam menyelesaikan masalah kontroversial berada pada kategori rendah dengan tidak dapat memenuhi indikator interpretasi sehingga indikator lain pun belum dapat terpenuhi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan masalah kontroversial, siswa dengan keterampilan berpikir komputasi tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang tinggi, siswa dengan keterampilan berpikir sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang sedang, dan siswa dengan keterampilan berpikir komputasi rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Masalah Kontroversial, Keterampilan Berpikir Komputasi, SMK Pusat Keunggulan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Gita Cahyani |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15465 |
Actions (login required)
View Item |