Prihastuti, Luh Putu Rany (2020) The effect of 'POWER' as an instructional writing strategy on students' writing skill across gender differences. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729081002-COVER.pdf Download (609kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729081002-ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729081002-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi pengaruh POWER sebagai strategi menulis instruksional pada kemampuan menulis siswa di Bali; (2) menganalisis perbedaan pengaruh POWER pada siswa laki-laki dan perempuan; (3) menganalisis permasalahan siswa dalam menulis. Penelitian ini menerapkan embedded mix method dengan explanatory design, dimana data kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Jumlah peserta yang dilibatkan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa. Post-test keterampilan menulis digunakan untuk mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan ANOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada pengaruh signifikan POWER terhadap kemampuan menulis siswa di Bali: p = .001 dengan effect size yang besar (eta = .17); (2) ada perbedaan pengaruh POWER terhadap partisipan laki-laki dan perempuan: p = .013, dengan effect size yang besar (eta = .18), (3) setelah pengimplemtasian POWER, siswa laki-laki dan perempuan mengalami permasalah yang berbeda dalam menulis, yang mana siswa laki-laki kesulitan dalam mengedit dan memperbaiki tulisan dibanding siswa perempuan. Hasil tersebut menyebabkan perbedaan kualitas tulisan siswa laki-laki dan perempuan, yang mana kemampuan menulis siswa perempuan lebih baik daripada kemampuan menulis siswa laki-laki. Oleh karena itu, para guru disarankan untuk mengimplementasikan POWER sebagai sebagai salah satu strategi menulis instruksional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Perbedaan Gender, POWER, Strategi Menulis Instruksional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Rany Prihastuti |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 01:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 01:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |