PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD AL-HIJRIYAH KEROBOKAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Wahyuningsih, Linda (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD AL-HIJRIYAH KEROBOKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021022-COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021022_ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911021022-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021022-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021022- BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021022-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1911021022-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021022-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berpendekatan kontekstual, (2) mengetahui validitas multimedia interaktif berpendekatan kontekstual (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SD AL-Hijriyah Kerobokan Badung. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pencatatan dokumen, wawancara, kuisioner dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistika inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Multimedia interaktif dikembangkan dengan model ADDIE melalui 5 tahapan (analyze, design, development, implementation, evaluation); (2) validitas multimedia interaktif berdasarkan dari hasil review ahli isi dan ahli media sebesar 96% , hasil review ahli desain sebesar 94,66% , hasil dari uji coba perorangan sebesar 95,88% dan uji coba kelompok kecil sebesar 98,21% (3) efektivitas multimedia interaktif menunjukan rata-rata pre-test 53,49 dan nilai posttest 81,79. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil t_hitung sebesar 12.595 > t_tabel 2.074.sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, multimedia interaktif berpendekatan kontekstual untuk kelas IV di SD Al-Hijriyah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif , Pendekatan Kontekstual , ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Linda Wahyuningsih
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:22
Last Modified: 04 Jul 2023 00:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item