PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN NUMERASI ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS V KECAMATAN BEBANDEM

Suariantini, Ni Nyoman Gita (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN NUMERASI ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS V KECAMATAN BEBANDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031115-COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031115-ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031115-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) menghasilkan instrumen numerasi yang valid, (2) menghasilkan instrumen numerasi yang reliabel, (3) menghasilkan instrumen numerasi yang memiliki tingkat kesukaran, (4) menghasilkan instrumen numerasi yang memiliki daya pembeda. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan yang dibuat oleh Retnawati dengan 9 tahapan. Analisis validitas isi instrumen menggunakan rumus Gregory memperoleh indeks validitas isi sebesar 1 yang termasuk dalam kriteria validitas sangat tinggi. Instrumen yang dikembangkan menunjukkan bahwa 20 butir soal yang diuji semuanya valid. Tingkat kesukaran menunjukkan terdapat sebanyak 2 butir soal (10%) dengan kategori mudah dan sebanyak 18 butir soal (90%) dengan kategori sedang. Hasil hitung daya pembeda diperoleh sebanyak 17 butir soal (85%) termasuk kategori sangat baik dan sebanyak 3 butir soal (15%) termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil reliabilitas memperoleh nilai rhitung = 0,839 dan lebih besar dari rtabel sebesar 0,279, dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrumen tersebut reliabel. Dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen numerasi online menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran matematika kelas IV layak digunakan pada pembelajaran di SD. Dari 20 butir instrumen asesmen numerasi yang dinilai dan diujicobakan, seluruh butir soal dipakai dalam merakit instrumen asesmen numerasi online menggunakan aplikasi Kahot pada mata pelajaran kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen asesmen, numerasi, Kahoot
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Gita Suariantini
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:42
Last Modified: 03 Jul 2023 03:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item