Muliarta, I Komang (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN ANDROID BERBANTUAN MOBILE-APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021082-COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021082-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
1513021082-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis validitas media pembelajaran fisika mobile application dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rendang, (2) menganalisis kepraktisan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rendang, dan (3) menganalisis efektivitas penerapan media pembelajaran fisika mobile application dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rendang. Model desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D dengan tahapan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap diseminasi. Desain uji lapangan menggunakan one group pretest posttest design tanpa kelompok kontrol dengan melibatkan 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode kuisioner, dan metode tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif, uji-t sampel berpasangan, uji gain ternormalisasi, dan uji kriteria keberhasilan produk. Hasil yang dicapai antara lain: (1) Media pembelajaran fisika berbantuan mobile application yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dengan kategori valid yaitu sebesar 76,67%. (2) Media pembelajaran fisika berbantuan mobile application yang dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan dengan skor rata-rata 4,11 yang termasuk kategori praktis. (3) Media pembelajaran fisika berbantuan mobile application yang dikembangkan telah memenuhi syarat efektivitas dengan nilai rata-rata tes prestasi belajar (post-test) sebesar 71,06 dengan kriteria cukup tinggi, karena telah berada diatas KKM. Selain itu, apabila ditinjau dari hasil gain skor, peningkatan prestasi belajar siswa yaitu 0,63 yang berada pada rentangan 0,7 ≥ (g) ≥ 0,3 dengan kriteria sedang. Kata kunci : prestasi belajar, mobile-application, pengembangan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, mobile-application, pengembangan media pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I KOMANG MULIARTA |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 05:04 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 05:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |