Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Bali Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023

Devi, Putu Listya (2023) Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Bali Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021029-COVER.pdf

Download (282kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021029-ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi interaktif berbasis pendekatan kontekstual, (2) mendeskripsikan validitas pengembangan media video animasi interaktif berbasis pendekatan kontekstual, dan (3) mengetahui efektivitas media video animasi interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa Bali siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 16 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Media video animasi interaktif dikembangkan dengan model Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan (analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi). Setiap fase utama terkait dengan evaluasi dan revisi yang perlu dijalankan. (2) validitas media video animasi interaktif dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 96,66%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 94,66%, uji ahli media pembelajaran 95,29%, uji coba perorangan sebesar 91,33%, uji coba kelompok kecil sebesar 90,22%, dan uji coba lapangan sebesar 98,125%, yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) efektivitas media video animasi interaktif dilihat dari uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada mata belajaran bahasa Bali. Diketahui nilai post-test siswa berada di atas KKM, maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Bali siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, video animasi, interaktif, kontekstual, hannafin and peck.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ni Putu Listya Devi
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:25
Last Modified: 07 Jul 2023 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item