Aryaningrum, Luh Dewilla (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031245-COVER.pdf Download (777kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031245-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031245-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (392kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031245-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031245-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031245-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031245-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031245-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031245-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan media Flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi berjumlah 376 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 8 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 26 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes dalam bentuk tes objektif berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 17,433 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 16,577 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 24,700 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 20,183 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung = 12,908 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 53 adalah 4,023. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (12,908 > 4,023), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media Flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: TSTS, Flipchart, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Dewilla Aryaningrum |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:03 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15557 |
Actions (login required)
View Item |