PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

Aryaningrum, Luh Dewilla (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031245-COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031245-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031245-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031245-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031245-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031245-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031245-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031245-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031245-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan media Flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi berjumlah 376 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 8 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 26 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes dalam bentuk tes objektif berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 17,433 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 16,577 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 24,700 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 20,183 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung = 12,908 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 53 adalah 4,023. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (12,908 > 4,023), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media Flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TSTS, Flipchart, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Dewilla Aryaningrum
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:03
Last Modified: 05 Jul 2023 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15557

Actions (login required)

View Item View Item