Diniyarti, Ni Wayan (2023) PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERHADAP BERNALAR KRITIS DALAM PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031291-COVER.pdf Download (840kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031291-ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031291-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031291-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031291-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031291-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031291-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031291-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (623kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031291-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Teaching at the Right Level terhadap kemampuan bernalar kritis dalam pelajaran matematika siswa kelas IV SD Gugus V Sukawati tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023 banyak siswa 180 orang. Sampel dalam penelitian ini 34 siswa kelas IV dari SD Negeri 4 Ketewel menjadi kelompok eksperimen dan 37 siswa kelas IV dari SD Negeri 1 Ketewel menjadi kelompok kontrol dan seluruhnya sebanyak 71 orang siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Data kemampuan bernalar kritis dalam pelajaran matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes bentuk uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung =9,87 sedangkan pada taraf signifikan 5% dan dk= 69 diperoleh nilai ttabel=1,995 sehingga thitung =9,87> ttabel=1,995 maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan bernalar kritis siswa yang dibelajarkan melalui Pendekatan Teaching at the Right Level dengan kemampuan bernalar kritis siswa yang tidak dibelajarkan dengan Pendekatan Teaching at the Right Level pada siswa kelas IV SD Gugus V Sukawati tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (83,47 > 68,47). Dengan demikian, Pendekatan Teaching at the Right Level berpengaruh terhadap bernalar kritis dalam pelajaran matematika siswa kelas IV SD Gugus V Sukawati tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pendekatan Teaching at the Right Level, Kemampuan Bernalar Kritis, Pelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Diniyarti |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 07:20 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15558 |
Actions (login required)
View Item |