Dewi, Ni Kadek Purnama (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN OUTDOOR STUDY TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031336-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031336-ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031336-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031336-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031336-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031336-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031336-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031336-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031336-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan Outdoor Study terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD gugus II Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, rancangan penelitian ini non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar sebanyak 123 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 5 Kemenuh sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan siswa kelas V SD negeri 2 Kemenuh sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes objektif (pilihan ganda) yang terdiri dari 30 butir soal yang sudah divalidasi dengan empat pilihan jawaban. Hasil analisis data yaitu Fhitung = 70,4746 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 52, Ho ditolak Ha diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning berbantuan outdoor study dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model project based learning berbantuan outdoor study. Setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test). Jika dilihat dari rata-rata pos-test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen adalah 87,54 lebih dari kelompok kontrol adalah 57,17. Dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan outdoor study berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre test) siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Project Based Learning, Outdoor Study, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Purnama Dewi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:09 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15560 |
Actions (login required)
View Item |