OPTIMALISASI ALIRAN FLUIDA PADA PERMUKAAN BODY PROTOTYPE SKUTER E-GASPOL MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORK 2019

Sarasta, Made Widya (2023) OPTIMALISASI ALIRAN FLUIDA PADA PERMUKAAN BODY PROTOTYPE SKUTER E-GASPOL MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORK 2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915071016-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915071016-ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915071016-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915071016-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan CD (Coefficient Of Drag) pada desain scooter E-Gaspol standar dengan desain hasil modifikasi. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D), yang berfokus pada proses untuk melakukan suatu pengembangan produk yang sudah ada untuk di lakukan penyempurnaan sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang baik dan sempurna. Pada model pengembangan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan konseptual R2D2 (Reflective, Recursive, Design and Development) Instrumen yang digunakan yaitu angket ahli isi dan desain persentase dari ahli isi 1 yaitu 100% ahli isi 2 yaitu 100% dan persentase ahli desain 1 yaitu 100% ahli desain 2 yaitu 100%. Setelah dilaksanakan penelitian berdasarkan penilaian ahli desain menyatakan desain modifikasi sangat layak dan berdasarkan hasil perhitungan coefficient of drag diketahui terjadi penurunan tertinggi pada desain modifikasi 2 yaitu sebesar 8,69%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Coefficient Of Drag, Research and Development, (Reflective, Recursive, Design, and Development), Solidwork 2019
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Made Widya Sarasta
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:22
Last Modified: 10 Jul 2023 00:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item