THE EFFECT OF MOBILE-ASSISTED TASK-BASED LANGUAGE LEARNING TOWARDS STUDENTS’ WRITING COMPETENCY AND STUDENTS’ MOTIVATION IN WRITING

Dewi, Putu Adelina Kartika (2020) THE EFFECT OF MOBILE-ASSISTED TASK-BASED LANGUAGE LEARNING TOWARDS STUDENTS’ WRITING COMPETENCY AND STUDENTS’ MOTIVATION IN WRITING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081001-COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081001-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081001-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi pengaruh pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan mobile terhadap kompetensi menulis siswa, (2) menganalisis pengaruh pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan mobile terhadap motivasi siswa dalam menulis, dan (3) menganalisis efek simultan pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan mobile terhadap kompetensi menulis siswa dan motivasi siswa dalam menulis. Penelitian ini menerapkan desain Quasi Experimental dan dengan menerapkan posttest-only control design, di mana kelompok eksperimen diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis tugas dengan bantuan mobile, sedangkan kelompok kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Post-test keterampilan menulis dan kuesioner motivasi digunakan untuk mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan MANOVA. Sebelum analisis statistik inferensial dilakukan, data terlebih dahulu diuji dalam hal normalitas, homogenitas, dan multi co-linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan Mobile terhadap kompetensi menulis siswa: p = .000, dengan efek size yang besar (eta = .22); (2) ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan Mobile terhadap kompetensi menulis siswa: p = .000, dengan efek size yang besar (eta = .80); (3) ada efek simultan Pembelajaran Berbasis Tugas dengan bantuan Mobile terhadap kompetensi menulis siswa dan motivasi menulis siswa: p = .000. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat seluler sebagai media dalam proses pembelajaran efektif untuk meningkatkan kompetensi menulis siswa dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis. Oleh karena itu, para guru didorong untuk menggabungkan pengimplementasian pembelajaran berbasis tugas dengan pembelajaran berbasis seluler dalam instruksi menulis untuk EFL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi menulis, motivasi dalam menulis, pembelajaran dengan bantuan mobile, pembelajaran berbasis tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Putu Adelina Kartika Dewi
Date Deposited: 27 Feb 2020 11:36
Last Modified: 27 Feb 2020 11:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item