DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS FOR ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Arthawati, Made Ari (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS FOR ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021064-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021064-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021064-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di SMK yang menerapkan kurikulum Merdeka Belajar saat ini belum ditentukan. Selain itu, proses belajar mengajar perlu mengintegrasikan keterampilan 4C, salah satu tuntutan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pelengkap Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan keterampilan 4C bagi siswa kelas XI jurusan Usaha Layanan Pariwisata di SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas materi pelengkap tersebut. Penelitian ini termasuk dalam model D&D (Design and Development) yang mengadopsi ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen: lembar observasi, panduan wawancara, matriks analisis silabus, blueprint, daftar sumber, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa langkah dalam mengembangkan materi pelengkap yang terintegrasi keterampilan 4C, termasuk (1) mengidentifikasi materi; (2) mengidentifikasi aktivitas yang memperkuat keterampilan 4C, (3) mencari elemen dan gambar; (4) mengintegrasikan kegiatan dengan platform lain; (5) menggabungkan materi, aktivitas, dan elemen ke dalam isi buku; (6) merancang sampul buku; dan (7) finalisasi layout. Sehingga produk akhirnya berupa e-book. Produk tersebut kemudian dinilai oleh dua ahli. Penilaian menunjukkan materi pelengkap dikategorikan “sangat baik”, dengan beberapa saran. Saran tersebut digunakan untuk merevisi produk. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dengan melibatkan siswa kelas XI ULP B SMK Negeri 1 Singaraja. Penilaian kualitas juga dilakukan oleh guru, didukung oleh hasil wawancara. Ditemukan bahwa produk dinilai cenderung “sempurna” dengan beberapa saran. Penilaian ini didukung oleh ulasan siswa yang mengatakan bahwa produk tersebut mampu mendorong keterampilan 4C mereka. Diharapkan buku ini dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar bahasa Inggris, khususnya di jurusan usaha layanan pariwisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi pelengkap bahasa Inggris, keterampilan 4C, siswa kelas XI.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Ari Arthawati
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:49
Last Modified: 06 Jul 2023 03:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item