Pratama, Andika (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS FOR ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021050-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021050-ABSTRAK.pdf Download (489kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021050-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pelengkap bahasa Inggris terintegrasi keterampilan 4C siswa kelas XI untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa dan mewujudkan keterampilan abad ke-21 mereka. Buku pelajaran utama di sekolah tidak dapat memenuhi kebutuhan siswa. Selain itu, buku ajar utama kurang mengintegrasikan keterampilan 4C secara optimal. Oleh karena itu, pengembangan materi pelengkap bahasa Inggris terintegrasi keterampilan 4C dapat membantu untuk masalah ini karena memiliki manfaat yang mendukung pembelajaran menjadi lebih efektif, bermakna, dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode DnD dengan Model ADDE: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen: checklist observasi, pedoman wawancara, matriks analisis silabus, blueprint materi pelengkap, lembar sumber, dan rubrik penilaian. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa ada beberapa langkah dalam mengembangkan bahan tambahan, termasuk (1) mengidentifikasi bahan pembelajaran, (2) mengidentifikasi aktivitas yang memperkuat keterampilan 4C, (3) mencari elemen dan gambar, (4) mengintegrasikan aktivitas dengan platform lain, (5) menggabungkan materi, aktivitas, dan elemen ke dalam konten buku; (6) merancang sampul buku; dan (7) finalisasi layout. Oleh karena itu, materi akhir berupa materi pelengkap bahasa Inggris terintegrasi keterampilan 4C yang bisa digunakan dalam bentuk digital atau cetak. Hasil penilaian dari kedua ahli dan guru menunjukkan bahwa materi pelengkap cenderung dianggap sebagai materi pelengkap “Unggul”. Kemudian peneliti melakukan uji coba kelompok kecil dengan merekrut siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Singaraja. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pasca uji coba kelompok kecil, buku materi tambahan dinilai mampu memperkuat keterampilan 4C siswa. Diharapkan materi pelengkap bahasa Inggris ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas bahasa Inggris, keterampilan 4C siswa, dan proses pembelajaran kelas sebelas SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi pelengkap bahasa Inggris, keterampilan 4C, metode DnD, model ADDE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Andika Pratama |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15622 |
Actions (login required)
View Item |